Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mudir MDT Al Hasaniyah

Senin, 15 Agustus 2022 | Agustus 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-15T10:23:43Z

Pernah saat menambahkan barang Inventory di Odoo dengan cara duplikat. Ternyata tampilan gambar produk di Point of Sale tidak berubah. Padahal, gambar produk awal sudah dihapus dan diganti dengan gambar baru. Kemudian coba refresh ulang browser yang sedang digunakan. Tapi hasilnya tetap sama saja tidak berubah. 

Tampilan gambar produk pada Point of Sale di Odoo tidak berubah. 

Akhirnya kepikiran buat menghapus data produk yang baru saja dibuat. Tanpa pikir panjang langsung kembali ke Inventory untuk menghapus data produk yang dibuat dengan cara duplikasi dari data lain tersebut. Ekspektasinya masalah tadi hilang kemudian bisa buat data produk baru dengan cara biasa. 

Oh ya, Odoo yang saya praktekan dalam kasus ini versi 14. Sedangkan apa yang ada dalam tulisan ini semata-mata pengalaman pribadi karena ingin tau cara menggunakan odoo. Lalu apakah yang terjadi setelah itu?  Ternyata muncul error:"Cannot read properties of undefined (reading 'taxes_id')" sebagaimana terlihat pada screenshot di bawah ini:


Setelah mendapati error:"Cannot read properties of undefined (reading 'taxes_id') membuat turun semangat belajar odoo untuk pemula seperti saya ini. Namun karena rasa ingin tahu, tempe, ayam goreng, sambal terasi dan lain-lain memaksa hamba yang lapar untuk browsing kesana kemari.

Sejurus kemudian terlihat komentar di salah satu situs diskusi di luar negeri yang sepertinya mudah untuk dicoba. Dan akhirnya, error di atas bisa hilang dan tampilan Point of Sale kembali seperti semula.  Berikut ini cara mengatasi error:"Cannot read properties of undefined (reading 'taxes_id')" yang cukup hanya dengan menghapus history pada browser yang digunakan.

1. Jika menggunakan Google Chrome silahkan ketikan pada url address: chrome://history/ dan tekan enter. Atau bisa juga melalui klik ⠇(icon titik tiga) > History > History. Untuk browser lain silahkan adaptasi sendiri ya, pada intinya tidak jauh berbeda.

2. Klik "Clear browsing data".

3. Silahkan pilih "range time"nya.

Demikian pengalaman saya hari ini yang sedang otodidak belajar odoo versi komunitas yang free. Kali ini tentang cara mengatasi error:"Cannot read properties of undefined (reading 'taxes_id')".

Semoga bermanfaat.